PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
BIDANG
KEGIATAN:
PKM
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
DIUSULKAN
OLEH :
Dwi Rosita
Nataline Sabrina
Puja Annisa M
Riqqoh Ambarani
Shintias Marti Evinata
PENGESAHAN USULAN PKM
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
1.
Judul
Kegiatan :
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
2.
Bidang
Kegiatan :
3.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
a. Nama
Lengkap : Dwi
Rosita
b. NPM :
12515060
c. Program
Studi : Psikologi
d. Perguruan
Tinggi : Universitas Gunadarma Depok
e. Alamat
Rumah dan No.Hp : Jl. Kemang Utara E/081285140108
4.
Anggota
Pelaksana Kegiatan :
5.
Judul
Kegiatan :
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
6.
Bidang
Kegiatan :
7.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
a. Nama
Lengkap : Nataline
Sabrina
b. NPM :
14515990
c.
Program Studi : Psikologi
d.
Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma Depok
e. Alamat
Rumah dan No.Hp :Komp.AL
Ciangsana/083877507085
8.
Anggota
Pelaksana Kegiatan/Penulis
a. Nama Lengkap : Shintias Marti Evinata
b. NPM : 16515555
c. Program Studi : Psikologi
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma Depok
e. Alamat dan No. Hp : Perumahan Setu Indah / 08121067118
f. Alamat Email : shintyasyas@gmail.com
BAB
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kurangnya pendidikan yang layak untuk
anak-anak yang termaginalkan menjadi momok persoalan yang tidak ada habisnya. Menurut
Ortega Y. Gasset, seperti dikutip oleh E. F Schumacher (1979), pendidikan
adalah penyebaran idea yang memungkinkan orang memilih antara yang ini dan yang
itu, atau untuk hidup sedikit lebih baik. Tapi pada kenyataanya, ketika orang
mencapai tingkat pendidikan tertentu justru makin terkurung pada satu pilihan
saja sehingga hidupnya makin sengsara (Darmaningtyas, 2004). Berdasarkan
pendidikan untuk anak-anak yang termajinalkan membutuhkan pendidikan yang layak
maka perlu digerakkan oleh masyarakat di mana masyarakat mempunyai peluang dan
peran penting dalam mendukung dalam hal pendidikan, oleh karena itu
pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting atas dasar untuk menumbuhkan
kesadaran, kemauan dan kemampuannya sebagai pelaku pembangunan kesejahteraan
pendidikan. Menurut UU Nomor 22 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa
pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah
Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah
darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa,
dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian
abadi dan keadilan sosial. Dalam kaitan dengan beban berat pendidikan itu, yang
menyedihkan adalah bahwa alokasi beban tersebut tidak ditujukan untuk hal-hal
substansif, yang berhubungan langsung dengan pencerdasan masyarakat. Misalnya
penyediaan fasilitas belajar yang lengkap, peningkatan kualitas guru atau
kesejahteraan guru, peningktan kecakapan murid, serta pengadaan sarana
perpustakaan dan laboratorium yang memadai, dan sejenisnya (Darmaningtyas,
2004). Belajar dan Bermain Bersama Adik Lapak adalah upaya kami agar mampu
membantu adik-adik Lapak Gandaria dalam mendukung dalam bidang Pendidikan.
Memberikan pendidikan informal kepada mereka dengan berbagai pengetahuan dengan
metode yang fun dan unik sehingga
adik-adik dapat dengan fleksibel bergerak beraktivitas dengan nyaman ketika
belajar. Dengan demikian, kemampuan mengajar kami harus dikembangkan untuk
berpotensi secara maksimal ketika di lapangan dengan adik-adik.
Memberikan fasilitas belajar yang
memadai kepada adik-adik Lapak untuk mendukung dalam proses berlajar merupakan
salah satu penunjang kebutuhan di lapangan.
Oleh karena itu diharapkan Program
Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dapat membantu kami melalui penyuluhan dan
pelatihan guna peningkatan pengetahuan dan keterampilan.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan
masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari
ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu:
1. Bagaimana
menentukan metode belajar yang tepat kepada adik-adik Lapak Gandaria?
2. Bagaimana
cara memberikan pemahaman kepada adik-adik Lapak Gandaria?
3. Bagaimana
cara untuk tetap adik-adik Lapak Gandaria dapat memperoleh Pendidikan secara
rutin?
1.3 Potret, Profil dan Kondisi Khalayak
Sasaran
Kondisi masyarakat di daerah Gandaria,
Jakarta Selatan masih berada dibawah
garis kemiskinan serta tingkat pendapatan yang masih rendah, ditambah lagi
dengan kondisi perumahan yang kumuh dan padat penduduk. Sasaran kegiatan ini
adalah lapangan badminton yang
bermukim di daerah Gandaria yang masih layak. Melalui pengabdian masyarakat ini
diharapkan tempat belajar adik-adik Lapak terbantu sehingga program ini akan
disambut baik oleh masyarakat setempat.
1.4 Kondisi dan Potensi Wilayah
Potensi di daerah Gandaria, Jakarta
Selatan untuk dijadikan tempat kegiatan ini sangat baik karena program ini
sangat didukung oleh ketua RT dan warga setempat dan di daerah ini juga telah
terdapat pojok baca. Sehingga hanya perlu membuat pengembangan seperti
pengajaran dan memberikan kebutuhan alat-alat dan juga perlengkapan belajar
adik-adik.
1.5 Tujuan
Adapun tujuan dari PKM
ini adalah:
1.
Memberikan pemahaman dan pengetahuan
kepada adik-adik
2.
Mengaktifkan kegiatan secara sukarela
dengan adik-adik
3.
Memberikan bantuan peralatan untuk
memaksimalkan kegiatan
4.
Mampu mengurangi angka buta huruf dan
baca tulis
1.6 Luaran
Luaran
yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah meningkatkan pemahaman ilmu
pengetahuan adik-adik Lapak. Para maysarakat, orangtua, dan pak RT memahami
bahwa terdapat banyak potensi yang dimiliki oleh adik-adik Lapak untuk
mengurangi angka buta huruf dan baca tulis dalam jangka panjang. Hasil akhirnya
diharapkan jumlah anak yang mengalami buta huruf akan menurun dan para orangtua
bisa mengaplikasikan sistem belajar yang
unik kepada adik-adik Lapak.
BAB
2 Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
Terlihat dalam gambar
tersebut sekumpulan siswa/i sedang mengikuti proses pembelajaran yang mana
dilakukan dalam ruang terbuka. Kegiatan tersebut melibatkan beberapa orang
relawan yang turut berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung
dalam 2 kali seminggu. Kegiatan ini biasa berjalan di hari sabtu dan minggu.
Dalam gambar 1, terlihat satu guu sedang mengajar aak-anaknya. Biasanya ini
disertai kegiatan bercerita, menulis, dan membaca. Anak-anak yang terlibat
dalam kegiatan tersebut biasanya 7-11 tahun. Dalam gambar 2, terlihat beberapa
relawan sedang membimbing siswa/i yang berusia 12-17 tahun. Biasanya kegiatan
tersebut diisi dengan latihan berhitung, essay, dan mengerjakan soal.
BAB
3 METODE PELAKSANAAN
Metode yang akan dilaksanakan
merupakan serangkaian tahapan yang disusun secara sistematis dan tersususun,
berikut gambaran flow map yang akan dilaksanakan :
Untuk gambaran tata
pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, langkah pertama yang akan dilakukan
adalah meminta izin kepada pihak yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan
belajar mengajar. Tahap selanjutnya melakukan sosialisasi program materi yang
akan di ajarkan pada masyarakat setempat. Tahap ketiga melakukan persiapan
penyusunan materi yang akan diajarkan dan rancangan kegiatan belajar mengajar.
Tahap selanjutnya pembelian dan persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
untuk menunjang pelaksanaan kegiatan , seperti proyektor, white screen, lembar
materi, lembar bahan ajar, printer, meja, kursi, lemari buku, alat tulis, poster, alat-alat berhitung.
BAB 4 BIAYA
DAN JADWAL KEGIATAN
Anggaran Biaya
No
|
Uraian
|
Biaya
|
1.
|
Peralatan
sarana dan prasarana
|
Rp.
3.632.000
|
2.
|
Peralatan
penunjang
|
Rp.
3.700.000
|
3.
|
Lembar
bahan ajar
|
Rp. 200.000
|
4.
|
Perjalanan
|
Rp.
1.500.000
|
5.
|
Lain-lain
|
Rp.
1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp.
10.032.000
|
Jadwal kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||||||||||||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penetapan
daerah sasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Survei
daerah sasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Observasi
Lapangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
penyusunan
materi dan persiapan lembar kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
persiapan
sarana dan prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Izin
pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
sosialisasi
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
pelaksanaan
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
laporan
Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
: Sudah
dilaksanakan
:
Pelaksanaan program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar