Rabu, 29 November 2017

Proposal Kreativitas Mahasiswa

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
Belajar dan Bermain Bersama Adik Lapak

BIDANG KEGIATAN:
PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

DIUSULKAN OLEH :
Dwi Rosita
Nataline Sabrina
Puja Annisa M
Riqqoh Ambarani
Shintias Marti Evinata



PENGESAHAN USULAN PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1.      Judul Kegiatan                            : Belajar dan Bermain Bersama Adik Lapak
2.      Bidang Kegiatan                         :
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan        
a.       Nama Lengkap                        : Dwi Rosita
b.      NPM                                       : 12515060
c.       Program Studi                         : Psikologi
d.      Perguruan Tinggi                     : Universitas Gunadarma Depok
e.       Alamat Rumah dan No.Hp     : Jl. Kemang Utara E/081285140108
f.       Alamat e-mail                          : dwirosita98@gmail.com
4.      Anggota Pelaksana Kegiatan      :
5.      Judul Kegiatan                            : Belajar dan Bermain Bersama Adik Lapak
6.      Bidang Kegiatan                         :
7.      Ketua Pelaksana Kegiatan        
a.      Nama Lengkap                        : Nataline Sabrina
b.      NPM                                       : 14515990
c.        Program Studi                         : Psikologi
d.        Perguruan Tinggi                     : Universitas Gunadarma Depok
e.      Alamat Rumah dan No.Hp     :Komp.AL Ciangsana/083877507085
f        Alamat e-mail                          : natalinesabrina96@gmail.com
8.      Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis
       a. Nama Lengkap                          : Shintias Marti Evinata
       b. NPM                                         : 16515555
       c. Program Studi                           : Psikologi
       d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Gunadarma Depok
       e. Alamat dan No. Hp                   : Perumahan Setu Indah / 08121067118
       f. Alamat Email                            : shintyasyas@gmail.com




BAB 1. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Kurangnya pendidikan yang layak untuk anak-anak yang termaginalkan menjadi momok persoalan yang tidak ada habisnya. Menurut Ortega Y. Gasset, seperti dikutip oleh E. F Schumacher (1979), pendidikan adalah penyebaran idea yang memungkinkan orang memilih antara yang ini dan yang itu, atau untuk hidup sedikit lebih baik. Tapi pada kenyataanya, ketika orang mencapai tingkat pendidikan tertentu justru makin terkurung pada satu pilihan saja sehingga hidupnya makin sengsara (Darmaningtyas, 2004). Berdasarkan pendidikan untuk anak-anak yang termajinalkan membutuhkan pendidikan yang layak maka perlu digerakkan oleh masyarakat di mana masyarakat mempunyai peluang dan peran penting dalam mendukung dalam hal pendidikan, oleh karena itu pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting atas dasar untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuannya sebagai pelaku pembangunan kesejahteraan pendidikan. Menurut UU Nomor 22 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dalam kaitan dengan beban berat pendidikan itu, yang menyedihkan adalah bahwa alokasi beban tersebut tidak ditujukan untuk hal-hal substansif, yang berhubungan langsung dengan pencerdasan masyarakat. Misalnya penyediaan fasilitas belajar yang lengkap, peningkatan kualitas guru atau kesejahteraan guru, peningktan kecakapan murid, serta pengadaan sarana perpustakaan dan laboratorium yang memadai, dan sejenisnya (Darmaningtyas, 2004). Belajar dan Bermain Bersama Adik Lapak adalah upaya kami agar mampu membantu adik-adik Lapak Gandaria dalam mendukung dalam bidang Pendidikan. Memberikan pendidikan informal kepada mereka dengan berbagai pengetahuan dengan metode yang fun dan unik sehingga adik-adik dapat dengan fleksibel bergerak beraktivitas dengan nyaman ketika belajar. Dengan demikian, kemampuan mengajar kami harus dikembangkan untuk berpotensi secara maksimal ketika di lapangan dengan adik-adik.
Memberikan fasilitas belajar yang memadai kepada adik-adik Lapak untuk mendukung dalam proses berlajar merupakan salah satu penunjang kebutuhan di lapangan.
Oleh karena itu diharapkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dapat membantu kami melalui penyuluhan dan pelatihan guna peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

1.2  Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu:
1.      Bagaimana menentukan metode belajar yang tepat kepada adik-adik Lapak Gandaria?
2.      Bagaimana cara memberikan pemahaman kepada adik-adik Lapak Gandaria?
3.      Bagaimana cara untuk tetap adik-adik Lapak Gandaria dapat memperoleh Pendidikan secara rutin? 

1.3  Potret, Profil dan Kondisi Khalayak Sasaran

Kondisi masyarakat di daerah Gandaria, Jakarta Selatan  masih berada dibawah garis kemiskinan serta tingkat pendapatan yang masih rendah, ditambah lagi dengan kondisi perumahan yang kumuh dan padat penduduk. Sasaran kegiatan ini adalah lapangan badminton yang bermukim di daerah Gandaria yang masih layak. Melalui pengabdian masyarakat ini diharapkan tempat belajar adik-adik Lapak terbantu sehingga program ini akan disambut baik oleh masyarakat setempat.

1.4  Kondisi dan Potensi Wilayah

Potensi di daerah Gandaria, Jakarta Selatan untuk dijadikan tempat kegiatan ini sangat baik karena program ini sangat didukung oleh ketua RT dan warga setempat dan di daerah ini juga telah terdapat pojok baca. Sehingga hanya perlu membuat pengembangan seperti pengajaran dan memberikan kebutuhan alat-alat dan juga perlengkapan belajar adik-adik.

1.5  Tujuan
Adapun tujuan dari PKM ini adalah: 
1.      Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada adik-adik

2.      Mengaktifkan kegiatan secara sukarela dengan adik-adik
3.      Memberikan bantuan peralatan untuk memaksimalkan kegiatan

4.      Mampu mengurangi angka buta huruf dan baca tulis


1.6  Luaran

Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah meningkatkan pemahaman ilmu pengetahuan adik-adik Lapak. Para maysarakat, orangtua, dan pak RT memahami bahwa terdapat banyak potensi yang dimiliki oleh adik-adik Lapak untuk mengurangi angka buta huruf dan baca tulis dalam jangka panjang. Hasil akhirnya diharapkan jumlah anak yang mengalami buta huruf akan menurun dan para orangtua bisa  mengaplikasikan sistem belajar yang unik kepada adik-adik Lapak. 
BAB 2 Gambaran Umum Masyarakat Sasaran


Gambar terkait


Gambar terkait

Terlihat dalam gambar tersebut sekumpulan siswa/i sedang mengikuti proses pembelajaran yang mana dilakukan dalam ruang terbuka. Kegiatan tersebut melibatkan beberapa orang relawan yang turut berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam 2 kali seminggu. Kegiatan ini biasa berjalan di hari sabtu dan minggu. Dalam gambar 1, terlihat satu guu sedang mengajar aak-anaknya. Biasanya ini disertai kegiatan bercerita, menulis, dan membaca. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan tersebut biasanya 7-11 tahun. Dalam gambar 2, terlihat beberapa relawan sedang membimbing siswa/i yang berusia 12-17 tahun. Biasanya kegiatan tersebut diisi dengan latihan berhitung, essay, dan mengerjakan soal.
                                                                                         
BAB 3 METODE PELAKSANAAN
Metode yang akan dilaksanakan merupakan serangkaian tahapan yang disusun secara sistematis dan tersususun, berikut gambaran flow map yang akan dilaksanakan :
Untuk gambaran tata pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah meminta izin kepada pihak yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tahap selanjutnya melakukan sosialisasi program materi yang akan di ajarkan pada masyarakat setempat. Tahap ketiga melakukan persiapan penyusunan materi yang akan diajarkan dan rancangan kegiatan belajar mengajar. Tahap selanjutnya pembelian dan persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan , seperti proyektor, white screen, lembar materi, lembar bahan ajar, printer, meja, kursi, lemari buku, alat tulis,  poster, alat-alat berhitung.    
BAB 4 BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
Anggaran Biaya
No
Uraian
Biaya
1.
Peralatan sarana dan prasarana
Rp. 3.632.000
2.
Peralatan penunjang
Rp. 3.700.000
3.
Lembar bahan ajar
Rp.    200.000
4.
Perjalanan
Rp. 1.500.000
5.
Lain-lain
Rp. 1.000.000

Jumlah
Rp. 10.032.000

Jadwal kegiatan
No
Kegiatan
Waktu
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Penetapan daerah sasaran
















2
Survei daerah sasaran
















3
Observasi Lapangan
















4
penyusunan materi dan persiapan lembar kerja
















5
persiapan sarana dan prasarana
















6
Izin pelaksanaan
















7
sosialisasi program
















8
pelaksanaan program
















9
laporan Akhir




















: Sudah dilaksanakan
: Pelaksanaan program


                 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar